Kamis, 20 September 2012

1001 CARA HEMAT BBM


1001 CARA HEMAT BBM
LEBIH PRESISI MERAIH EFISIENSI

            Belum sempat reda rasa kaget akan kenaikan bbm sekelas pertamak dan pertamak plus, kembali beredar isu pembatasan kouta premium. Meski masih simpang siur dan menurut kabar terakir bakal ditinjau ulang, urusan bensin memang bisa bikin keder. Apalagi pertamax dan pertamax plus harganya kian melambung mencapai masin masing rp 7.500 rp 8.00.
            Maka, kali ini otomotif tidak bakal membahas trik trik pindah bahan bakar, seperti dari pertamax ke premium. Toh, nanti kalau dibatasi, atau keluar premium 90 pun harganya lebih mahal. Marilah bersama sama menghemat bahan bakar . kami hadirkan 1001 cara efisiensi. Mulai dari mesin, cara mengemudi, sampai gedget aksesori pendukung efisiensi.

MAKSIMALKAN KONDISI MOBIL
            Sebelum beranjak dengan komponen aftermaket, dan aksesori, mari perhatikan dulu  kondisi besutan terlebih dahulu. Sudah kah mobil yang anda kendarai dalam keadaan efisien ? “kalau kondisi mobil bagus, pasti hemat bahan bakar ,” ujar Farid M, mekanik dan pemilik bengkel oto design di pajaten, jaksel. Nah, sembari ngoso diakir pekan, anda bisa mencermati beberapa poin dan bagian-bagian kendaraan yang paling penting untuk berhemat.

MESIN.>>>>>
  1. Pastikan kondisi mesin sehat. Seperti mesin tidak pincang, asap tidak pedih dimata dan putaran mesin rata. Pastikan saja engine check tidak menyala. Kalau menyala, mobil masih hidup tapi dalam kondisi limp mode, atau kondisi cacat. Dapur pacu tetap bekerja tapi bahan bakar boros dan tidak bertenaga.
  2. periksa semua saringan pastikan tetap terjaga dan tidak kotor. Seperti sanringan udara kalau kotor tenaga pasti ngempos dan bikin boros.
  3. optimalkan setingan mesin. Hal ini bisa dilakukan saat servis rutin, layaknya periksa saringan dan mesin. Misalnya, settinan platina, busi, sampai celah katup. Jangan salah, mobil canggih seperti honda dengan teknologi VTEC pun masih pakai setelan katup, loo.
  4. tidak boleh ada kebocoran vakum, terutama pada mesin injeksi baik model airflow meter maupun map sensor. “komputer mesin pasti lebih memboroskan kerena campuran dianggap kurus,” ulas mantan ‘gembala’ Toyota Kijang ‘monster’ besutan drag race OTOMOTIF itu.
  5. temperatur kerja mesin wajip optimal. Tidak boleh over heating atau over coling. Kalau kepanasan, tenaga kedodoran, sedangkan kalau kedinginan, cendrung butuh bensin banyak.
  6. transmisi juga harus bekerja sempurna. Pada gear box manual, kopling tidak boleh slip. Begitu juga pada matik, kalau slip pasti bikin boros. Cek selalau ketinggian oli matik, lakukan saat mesin hidup dan ketinggian oli pada dipstick harus pada posisi hot.
  7. pemkaian header dan mufller bisa menaikan tenaga tapi diperdebatkan bikin boros. Header dan muffler sebenarnya tidak bikin boros, karena tenaga naik,  ujar ben yamin irianto , associate director PT standart knalpot di gunung sahari, jakpus. Asal jangan geber geber kana tenaga enak. Pasti jadi bikin boros bukan ?
  8. gunakan AC secara bijak. Meskipun hasil tes otomotif menunjukan pebedaan tidka siknifikan pada kcepatan  konstan 100 km/jam, lain hal kalau lagi macet. Mesin stasioner akan kena idle up kalu ac nyala . “putaran mesin naik untuk menjaga stasioner , bensin akan ikut menambah.”

INTERIOR>>>>>>>>
  1. bagian dalam kabin tidak perlu banyak perhatian. Hanya perhatikan bobot mobil. Janga sampai jadi ‘al mugada” (baca: apa lu mau gua ada ), kayak rumah berjalan. Kurangi bobot untuk memangkas kunsumsi bensin. Mobil balap saja, diberi ballast (pemberat) bisa turun lap time nya. Bayangkan mobil anda kalu berat, pasti cepat haus. Jadi mudah lari kiri alias nyari SPBU, he he…

KAKI-KAKI>>>>>>.
  1. periksa rolling resistance mobil, apakah mobil bisa menggelinding dengan sempurna ? kalua tidak, ceba cek poin selanjutnya di kaki-kaki.
  2. cek semua rem, peranti penahan laju bisa saja menahan kecepatan kalau macet. Bisa saja rem tangan tertarik saat melaju. Apakah setelan rem terlalu kencang (khusus teromol)? Atau mungkin kaliper dan jeroannya bermasalah?
  3. bearing roda bermasalah juga bisa menahan laju. Deteksi bunyi gemuruh akibat peranti ini aus. Jangan sampai tertukar dengan gemuruh ban, lo..
  4. pemakaian pelek dan ban lebar jelas bikin mobil berat melaju. Handling pasti enak, tetapi kalau berat bisa bikin boros bensin, tuh…

KATA LISATOR BENSIN>>>>
            Kalau kondisi mesin sudah prima, boleh juga melirik peranti penghemat bbm. Seperti katalisator bensin. Selain mampu meningkatkan tenaga, katalisator bensin diklaim mampu menghemat bbm. Peranti ini pernah diuji tim OTOMOTIF . aplikasinya menggunakan mitsubishi karburator diatas rollerdyno. Tujuanya agar kecepatan konstan bisa diperoleh sampai bensin dalam tangki 1 liter habis dihisap mesin. Hasilnya 1 liter bensin dapat menghasilkan jarak tertentu.
            Katalisator yang dicoba yaitu produk Fuel Xtrem, Fuel Max, dan Ring bensin. Melalui kecepatan 75 km/jam tercapai saat putaran mesin mencapai 2.500 rpm, perhitungan konsumsi bensin tampa tambahan alat diperoleh 1liter bensin mencapai jarak 6,3 km. hasil


  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar